ubuntu muslim edition 8.10

saya dapat pengalaman baru ketika akan men-install ubuntu me 8.10, bukan proses  instalasinya ke komputer, tetapi ketika mengunduh dan membakarnya ke dvd.

filenya cukup besar sekitar 2,8 giga. lumayan lama mengunduhnya, beberapa kali gagal terutama ketika coba menggunakan torrent akhirnya berhasil langsung mengunduh iso-nya menggunakan fdm. saya titip seorang teman untuk membelikan 2 dvd kosong dan mulai membakarnya, pembakaran pertama ada error tapi saya teruskan saja, alhasil ketika coba menginstall jelas gak bisa :-(. Pembakaran ke-2 tampaknya normal sampai akhir dengan menurunkan kecepatan bakarnya, saya sudah optimis insya Alloh bisa. DVD dimasukkan, dibooting melalui dvd dan tampil logo awal ubuntu me 🙂 lega….tapi ternyata sampai 30% berhenti..ti..gak lanjut-lanjut….., saya cek dvdnya menggunakan menu diawal ternyata ada 1 file error jadi kesimpulan saya file-isonya yang harus diperbaharui.

semangat! karena kesimpulan saya file is0-nya yang error jadi saya coba mengunduh dari sumber yang lain. Kali ini saya beli 3 dvd kosong. Selesai mengunduh saya bakar, tidak ada masalah sampai selesai dan langsung saya coba….. ternyata lebih parah dari yang pertama, sama sekali gak ada respon, bahkan ketika saya lihat pakai windows explorer gak bisa dibaca sama sekali dvdnya. Saya coba lagi dan hasilnya sama, saya coba membakar open suse 11.1 dan hasilnya sama..3dvd tidak hanya dibakar tapi betul-betul terbakar alias hangus.

Jeda sehari saya berkesimpulan dvd yang saya beli kemarin gak bisa digunakan dan akhirnya saya beli lagi 2 dvd dengan merk yang berbeda, saya coba bakar lagi dan hasilnya tidak jauh berbeda..hangus. Masih semangat saya beli lagi 2 dvd dengan merk yang sama persis dengan yang dibelikan teman saya pertama. Bismillah, saya burning, saya cek dvdnya..lancar, lanjut saya install…alhamdulillah berhasil!!