usia 40 tahun

Dapat nasihat dari ustadz
Usia 40 tahun dalam Islam disebut secara jelas dalam Al-Qur’an dan Al Hadist, sehingga hal ini bisa kita pelajari dan pahami untuk kita ambil hikmahnya.
Usia 40 tahun merupakan hal yang istimewa, sebagaimana disebutkan Allah SWT telah dalam Al-Quran Surat Al-Ahqaf Ayat ke 15 yang artinya: “Kami perintahkan kepada manusia supaya Al-Quran Surat Al-Ahqaf Ayat ke 15 yang artinya: “Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila ia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa: Ya Rabbku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nimat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri.” (QS.46:15).

Usia 40 tahun Muhammad Rasulullah SAW diutus sebagai nabi,
diriwayatkan oleh Imam Ahmad, “Seorang hamba muslim bila usianya mencapai empat puluh tahun, Allah akan meringankan hisabnya karena diusia 40 tahun seorang mulai istiqomah dalam ibadah.namun imam Qotadah berkata, siapa yang berusia 40 tahun hendaklah berhati-hati karena waktu hidupnya makin sedikit
Ibnu Abbas berkata: siapa yang usianya 40 tahun lalu amal kebaikannya tidak lebih unggul dari amal keburukannya maka bersiaplah ia ke neraka. Maka dari itulah usia 40 tahun harus berhati-hati dan harus fokus ibadah pada Allah.
amalan2 untuk yang usianya 40 tahun:
1. perbanyak taubat,
2. perbanyak syukur dan doa,
3. persiapkan kematian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Skip to toolbar