kuliah universitas terbuka

bertemu lagi dengan orang-orang yang punya semangat belajar tinggi, usia mereka sudah gak muda lagi tapi semangat belajarnya membuat saya malu..ya mereka para guru sd di daerah yang sudah menjadi guru puluhan tahun ibu-ibu dan bapak-bapak.

semester ini saya memberikan tutorial di pracimantoro wonogiri… lumayan jauhnya dari tempat tinggal saya di sragen, tapi perjalanan yang turun naik berkelak-kelok membuat perjalanan tidak membosankan walau harus ekstra hati-hati (sekalian rihlah), 1 jam 30 menit dari solo jaraknya.

matakuliah yang saya berikan masih sama “komputer dan media pembelajaran”, dan komentar mereka sama persis dengan mahasiswa saya tahun lalu ” megang komputer saja belum pernah apalagi internet”. Mensikapi masih awamnya mereka dengan komputer (apalagi internet) dan belajar dari pengalaman tahun lalu maka materi materi pembelajaran yang tidak terkait komputer agak saya padatkan dan saya meminta mereka untuk mencari tempat untuk praktek komputer…. kalau belajar komputer tapi ngawang ya gak mungkinlah 🙂

semoga mereka bisa mengikuti tutorial ini dan bisa merasakan manfaatnya