internet di pelosok

terkadang saya harus terhubung ke internet diluar waktu normal atau ketika saya bepergian dan gak ketemu warnet Dulu saya pernah punya hp cdma + flexi, saya coba di rumah dan alhasil kalau pingin dapat sinyal harus diangkat tinggi-tinggi dan disatu titik tertentu. Pernah sukses bisa konek internet walau dengan susah payah install kabel dku5, sering putus, gak dikenali, sinyal hilang….saya coba ganti pakai fren, jagoan, hasilnya? sama saja…kesimpulan saya: “internet belum ramah di pelosok”, internet masih buat orang kota. akhirnya dengan berat hati saya jual hp cdmanya.

berlalu sekian tahun, januari kemarin ada dua promosi menarik. pertama im2 dari indosat yang menawarkan akses unlimited dengan hp gsm dan paket smart dengan harga 333rb sudah termasuk hp cdma, kartu, dan akses internet 2giga x 6 bulan. setelah ditimbang2 saya jatuhkan pilihan ke smart karena paketnya yang saya kira lebih menarik dan saya juga belum membutuhkan unlimited akses.

instalasi kabel data cukup mudah menggunakan kabel data usb yang umum dipakai, hp langsung dikenali, setelah dial ke  #777, user dan password dimasukkan ternyata bisa langsung terkoneksi :-)…. tapi saya lihat indikator sinyal di hp hanya terlihat dua”strip”, terkadang hilang. mengkhawatirkan. saya coba browsing.. lambat sekali, buka email di uns..lebih lambat, coba download…tertera kecepatannya dibawah 1kbps..:-(, kalau begini kejadiannya maka jatah 2 giga setiap bulan akan mubazir, gak mungkin terpenuhi.

Sementara sampai saat ini saya masih menganggap karena faktor rumah tinggal saya yang di “pelosok” yang membuat akses lambat bukan karena operatornya, tapi saya berharap segera ada perluasan jangkauan sehingga saya (kami) yang di pelosok bisa menikmati juga akses yang mudah dan cepat. kesimpulan saya masih sama “internet belum ramah di pelosok”